Thursday, October 9, 2014

Ekstra Premi Asuransi

Case yang akan saya ceritakan adalah milik sepasang suami istri yang keduanya membeli PRO ACTIVE PLUS UP 1 milyar.

Sebut saja, Yuli dan Ferdi. Yuli menghubungi saya sekitar jam 7pagi, dan dia langsung menelpon saya, menanyakan apakah saya bisa menjual asuransi term life padanya. Kemudian saya bilang, oke mbak.. nanti saya hitungkan dulu preminya ya, mau UP berapa? dan minta data-datanya.

Jam 9 pagi, saya sudah sampai di kantor Manulife, mulai membuka komputer dan menghitung premi untuk Yuli dan Suami. Waktu saya sms ke Yuli mengenai premi, tiba-tiba Yuli berkata akan datang ke kantor Manulife di hari yang sama untuk mendaftar asuransi term life.

Saya sampai bengong!


haaaa?


ini orang, blum tau saya kayak apa, kok langsung percaya aja sih?


Kenyataan-nya waktu saya sodorkan premi untuk dia dan suaminya, langsung disetujui dan dia akan membayar premi per semester. Aplikasinya ditanda tangani hari itu juga, dan untuk suaminya aplikasinya dibawa pulang oleh Yuli, dan ditanda tangani suaminya di rumah.

Prosesnya sangat cepat di awal, tapi lambat di proses akhir.

Karena Yuli dan Ferdi, harus melalui medical test tipe C. Harap maklum, di tahun dan bulan itu UP 1 Milyar masih harus medical test tipe C.


Yuli dan Ferdi, keduanya termasuk kategori overweight. Ketika hasil medical test tipe C masuk ke underwriting, keduanya harus melakukan test Urine ulang.



Dan setelah itu, Ferdi status aplikasi term life nya langsung OK, alias diterima oleh Manulife.



Lain halnya dengan Yuli, Yuli masih harus melalui tahap medical test berikutnya, yaitu test darah khusus SGPT, SGOT. Nah loh! ternyata kadar overweight yuli cukup berpengaruh pada aplikasi term lifenya.


Setelah itu, keluar keputusan dari underwriting untuk extra premi di aplikasi milik YULI, sebesar 100% dari premi awal.


Kalau dilihat sekilas, suami istri ini memang sama-sama overweight. Tapi yang dikenakan extra premi hanya Yuli. Berarti resiko yang dimilik Yuli lebih besar daripada Ferdi.


Agen tidak bisa menilai berapa besar extra premi yang akan dikenakan oleh underwriting terhadap klien yang overweight. Kadang  kalau kliennya dinilai sehat dan fit, walaupun overweight, tidak akan dikenakan extra premi.


Agen tidak boleh menyimpulkan berapa extra premi dari awal presentasi. Tapi agen haruslah menceritakan adanya kemungkinan extra premi yang diberikan oleh pihak manulife karena beberapa hal.


Extra premi diberikan karena hal sbb:
- Resiko penyakit yang akan diderita atau sedang diderita
- Resiko pekerjaan
- Resiko wajah ganteng.. ***iiiih serius amat bacanya!

hehehe



Besarnya extra premi yang pernah dialami oleh klien2nya Devi:

- Pro Active Plus Up 1 Milyar - Klien overweight - perempuan - besar extra premi 100%
- Pro Active Plus Up 1 Milyar tenor10 tahun - klien overweight - pria - besar extra premi 50%
- Pro Active Plus Up 1 Milyar tenor20 tahun - klien overweight - pria - besar extra premi 100%
- Pro Active Plus Up 1 Milyar tenor20 tahun - klien pernah pasang stent/ring - pria - besar extra premi 200%
- Pro Life Plus Up 1 Milyar MPP20 tahun - klien overweight - pria - besar extra premi pada Waiver of Premium 100%

- Pro Active Plus UP 300Juta dengan WP - klien kerja di daerah pertambangan (Newmont) sebagai Crane Operator - pria - besar extra premi 100% Premi Dasar.
- Pro Active Plus UP 1Milyar dengan WP - klien kerja di offshore sebagai admin staff - pria - besar extra premi 50% Premi dasar.
- Pro Active Plus Up 1Milyar dengan WP - klien kerja di pertambangan sebagai Reservoir Engineer - pria - besar extra premi 100% dari Waiver of Premium.




Extra premi jangan jadi momok bagi agen, agen harus menerangkan secara gamblang kemungkinan extra premi, agar klien pun menyadari resiko yang ditanggung olehnya dan keluarganya.


Dengan adanya extra premi, berarti Manulife mau menanggung resiko dari klien tersebut, sekarang tinggal dikembalikan.. apakah klien mau menanggung extra premi itu?



Kata-kata yang bagus saat menyampaikan extra premi:

Halooo pak, Selamat ya pak! status dari aplikasi bapak sudah diterima oleh Manulife. Berarti Manulife mau menanggung semua resiko dari bapak. Manulife mengajukan syarat nih, syaratnya ekstra premi. Jadi Bapak harus membayar tambahan Rp .... agar Manulife bisa menanggung bapak.

Manulife sudah mau menerima bapak apa adanya, sekarang keputusan di tangan bapak ya. Apakah bapak mau membayar ekstra premi tersebut atau tidak.



Semoga artikelnya bermanfaat ya teman2


Cheers,


Devi Dimitra Maksum
UM. J. Gamma Fortuna